Makanan Kaya Prebiotik Yang Wajib Dimakan Setiap Hari

Prebiotik adalah makanan bakteri baik (probiotik) yang sering ditemukan dalam makanan yang mengandung tinggi serat. Orang sering menganggap probiotik dan prebiotik adalah sama, padahal mereka adalah dua istilah yang berbeda, tetapi masih memiliki hubungan yang sangat erat.

Makanan Kaya Prebiotik Yang Wajib Dimakan Setiap Hari

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung ke salah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar makanan kaya prebiotik yang wajib di makan setiap hari.

Makanan kaya prebiotik yang wajib di makan setiap hari -, Prebiotik merupakan nutrisi yang cocok bagi bakteri baik, yaitu termasuk bakteri probiotik. Banyak sumber makanan prebiotik yang akan membantu perkembangbiakan bakteri yang baik, sehingga akan meningkatkan jumlah bakteri baik didalam usus kita. Semakin banyak sumber prebiotik yang kita konsumsi, maka jumlah bakteri baik didalam pencernaan kita juga akan meningkat. Kombinasi yang baik antara probiotik dan prebiotik untuk meningkatkan kesehatan tubuh yang disebut sinbiotik. Jumlah konsumsi makanan sumber prebiotik tidak ada batasan usia.

Selain itu, jumlah kelebihan mengkonsumsi sumber makanan ini juga tidak membawa efek buruk pada kesehatan. Diet sehat dengan bakteri baik adalah kombinasi yang sehat untuk menjaga fungsi pencernaan, sekaligus akan memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap serangan mikroba beracun yang dapat mengganggu sistem pencernaan kita. Prebiotik secara alami dapat ditemukan dari biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Produk olahan kedelai seperti tempe, tahu, dan taoco juga merupakan sumber bahan makanan prebiotik. Prebiotik juga dapat diperoleh dari bawang, bawang putih, dan pisang. Meskipun dikatakan bahwa sumber makanan prebiotik hanya memasok serat kasar untuk tubuh, namun serat halus juga tidak dapat diremehkan.

Inilah beberapa jenis makanan sumber prebiotik yang baik untuk tubuh jika di konsumsi setiap harinya :

makanan-kaya-prebiotik-Susu

Tipe lain dari senyawa prebiotik disebut sebagai galactooligosaccharide, atau GOS. Ini adalah komponen alami dari Air Susu Ibu (ASI) yang membantu saluran pencernaan bayi yang baru lahir dengan cara memberikan nutrisi untuk bakteri usus yang menguntungkan. Prebiotik dalam ASI ini juga bermanfaat mencegah bakteri patogen bersarang di saluran pencernaan bayi. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition pada edisi Maret 2007 menunjukkan bahwa GOS juga bisa ditemukan dalam susu sapi, meskipun jumlahnya tidak sebanyak yang terkandungan pada ASI.

-Sup miso

Salah satu hidangan Jepang ini merupakan sup yang dibuat dari kaldu sayuran, dengan isi berupa tofu dan sedikit sayuran. Secara keseluruhan menjadi hidangan yang rendah kalori, namun kaya akan probiotik dan protein. Sup miso jauh lebih sehat daripada sup krim, apalagi yang kemasan kaleng siap saji.

-Teh kombucha

Jenis teh ini biasanya bisa diperoleh di toko-toko makanan kesehatan. Kombucha sendiri termasuk teh hitam yang diketahui dapat meningkatkan energi dan membantu melancarkan sistem pencernaan. Anda bisa menyajikannya panas maupun dingin.

-Kefir

Teksturnya lebih encer dan rasanya lebih asam daripada yogurt, sehingga Anda mungkin akan menilainya lebih mirip susu asam daripada yogurt. Dari kefir Anda juga bisa mendapatkan manfaat probiotik dan vitamin untuk pencernaan. Sama seperti yogurt, sebaiknya Anda mengonsumsi kefir yang tawar. Tambahkan buah-buahan atau kacang untuk memberikan cita rasa yang berbeda.

-Makanan yang diperkaya prebiotik

Selain yang terkandung secara alami dalam makanan, serat larut biasanya juga ditambahkan selama pengolahan beberapa makanan, untuk membuat makanan menjadi sumber prebiotik. Misalnya, inulin kadang-kadang ditambahkan ke minuman dan beberapa makanan ringan sehingga makanan tersebut menjadi sumber prebiotik. Cara seperti ini ditempuh untuk membantu orang yang ingin mencukupi kebutuhan prebiotik dengan mudah.

-Biji-bijian utuh

Biji-bijian merupakan sumber prebiotik alami yang bisa anda coba. Umumnya bijian mengandung tinggi serat yang berguna memberikan makanan bakteri menguntungkan untuk berkembang di saluran pencernaan. Pastikan untuk selalu memilih bijian yang masih utuh seperti gandum, beras merah, atau kacang almond agar kandungan serat di dalamnya masih terjaga dengan baik. Baca juga 13 makanan yang mengandung tinggi probiotik

-Buah dan sayur

Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan asupan makanan sumber prebiotik adalah dengan memilih buah dan sayur sebagai menu sehat harian anda. Buah dan sayur selain mengandung tinggi serat juga sangat kaya akan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan anda. Belum lagi, keduanya juga sangat rendah lemak sehingga aman dikonsumsi.

Terus kunjungi situs https://caramengobatipenyakitklamidiablog.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Makanan Kaya Prebiotik Yang Wajib Dimakan Setiap Hari

Iklan

#jenis-makanan-prebiotik, #makanan-kaya-prebiotik, #manfaat-mengkonsumsi-makanan-kaya-prebiotik